Selasa, 10 Mei 2016

Welcome, Maba!

(bersih-bersihin debu blog)
HAHAHA BUSET YA. Terakhir aku ngepost sesuatu di blog ini tahun 2013, pas masih kuliah di Teknik Kimia ITS. Udah tiga tahun ya.
Sekarang alhamdulillah udah lulus heuheu.
ALHAMDULILLAH BANGET

Kemarin baru aja pengumuman SNMPTN 2016 ga sih? Congrats yaa buat yang udah keterima di PTN idamannya. Special welcome juga buat yang ketrima di ITS hahaha. Welcome to the jungle!
Sekedar sharing aja, aku dulu juga alhamdulillah masuk kuliah lewat jalur SNMPTN (dulu namanya SNMPTN undangan). Jaman aku dulu, SNMPTN undangan baru aja diadain dan kesempatan buat ikutan masih lumayan kecil. Main kuota-kuota gitu deh kalo ga salah, contoh: kelas reguler cuma bisa menyumbangkan 50% dari anak kelasnya buat didaftarin SNMPTN Undangan. Fortunately, kuota SNMPTN undangan buat kelas akselerasi udah 100% saat itu. Jadi sekelasku bisa ikutan semua. Masih ada nih kartu pendaftarannya heuheu
Fotonya jiji maksimal makanya harus disamarin pake foto waktu masih bayi aja

Persis lima tahun yang lalu ya. Pendaftaran bulan Februari 2011, tiga bulan kemudian pengumumannya keluar. Kira-kira kayak gini bentuk pengumumannya dulu.

I got accepted! Teknik Kimia ITS! Pilihan pertama! Bersyukurnya bukan kepalang, karena finally aku gausah ikut SNMPTN tulis hehe suka parno sih (aslinya udah mager belajar heu jangan ditiru).
Setelah hari itu, aku nyiapin berkas-berkas daftar ulang. Akhir Mei 2011, aku daftar ulang di Graha ITS, bertepatan dengan diadakannya SNMPTN Tulis (Biar ga bingung selanjutnya kutulis SBMPTN ya).
Buat kalian yang keterima kuliah lewat jalur SNMPTN, kalian kan wajib daftar ulang di kampus kalian bertepatan dengan SBMPTN nih. Kalo bisa, kalian nge-fix-in pilihan kalian ini deh. Kalo kalian tiba-tiba ngebatalin hasil SNMPTN kalian ini dan milih nyoba SBMPTN buat milih tempat lain, setau aku itu ngaruh banget ke adek-adek kelas kalian gitu. Takutnya adek-adek kalian nantinya jadi susah buat ketrima di "calon" kampus kalian gara-gara kalian ngebatalin daftar ulang di situ.
Pesen juga nih, ketrima SNMPTN bukanlah akhir dari segalanya. Jujur, aku dulu terlalu bahagia keterima SNMPTN karena, ya itu tadi, kan jadinya gausah ikutan SBMPTN. Jadinya lega duluan.
Sebenernya menurut aku keuntungannya itu doang. Lega duluan. Lega karena udah duluan tau nasib selanjutnya bakal kuliah di mana. Lega gausah pusing-pusing belajar buat bertarung sama anak se Indonesia demi melanjutkan kuliah. Tapi, ya semua sampe di situ aja.
Ketrima jalur SNMPTN bukan jaminan kalian bakal mudah menjalani kehidupan kampus. Kalian bakal berkumpul dengan teman-teman seangkatan yang diterima dari jalur SBMPTN dan Mandiri. Bukan berarti karena mereka masuknya lebih akhiran dari kalian, mereka bukanlah anak-anak yang pinter. Justru mereka bisa jadi jauh lebih pinter dari kalian. Kalian kudu bisa survive dengan kehidupan kampus karena setelah masuk hari penyambutan mahasiswa baru ga akan dibedain mahasiswa mana jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri.
Jadi, congrats dulu deh buat kalian. Tapi inget yaa, tetep support temen-temen kalian yang ikutan jalur SBMPTN. Jangan lupa kepo-kepoin kampus tempat kalian diterima sekarang buat cari tahu tentang kehidupan kuliahnya, tentang akademiknya, tentang sejarahnya, karena mahasiswa kudu cari info sendiri gaboleh manja hahahaha.

Good luck!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar