Rabu, 18 Mei 2016

Day 8 - If you could have job in the world, what would it be?

Kalo menurut aku sih, sebaik-baiknya pekerjaan adalah melakukan hobi yang dibayar.

Hahahaha. Sebagai seorang mahasiswa jenjang strata 2, aku ngerasa bego banget karena sampe sekarang belum tau mau ngapain. Maunya banyak, tapi saking banyaknya jadi bingung mau fokus kemana.
Kalo minta saran ama orang,"Nyanyi aja sih, Shin. Sayang bakat ga di-explore.". Hmm. Buat aku talent ga cukup sih heu. Banyak tetek bengek yang juga harus dipikirin. Gatau sih ini baik atau buruk, tapi aku selalu memikirkan sesuatu sampe detail, resikonya apa aja, dll. Perhitungan.

But, if I should choose what kind of job that I really want to have......


Teaching.

Hahahaha plis. Aku juga gatau kenapa. Tapi tiap kali aku bingung mikirin, "aku ini bisa apasih", aku bakal introspeksi diri apasih yang bisa dibanggain dari diri aku sendiri.
Coba, aku pernah ditanyain, kamu bakal seneng kalo ngapain?
1. Nyanyi
2. Ndengerin cerita orang
3. Sharing pengalaman setelah dicurhatin sama orang (btw aku sering jadi rujukan curhat temen-temen sih wk)
4. Ngerjain suatu tugas, selalu on fire (depends on my mood, tbh. But still enjoy tho)
5. Ngayal kejadian-kejadian kayak di drama, trus bikin skenario sendiri di dalem otak hahaha ga penting tapi bisa menghibur diri sendiri

Trus, ngapain?
Pernah nih suatu hari aku cerita-cerita sama Aya, sahabat aku dari SMP sampe seperjuangan juga di SMA. Dia salah satu dokter muda di RSUD Dr. Sutomo Surabaya, yang kerjaannya tiap malem nyampah di grup Best (grup geng SMP-ku di LINE ala-ala gengnya Cinta di AADC). Dia nyampah karena kalo tengah malem dia terjaga gitu gara-gara harus ngejalanin co-ass. Setelah menyadari betapa beratnya kehidupan dokter, dia akhirnya memutuskan kalo udah kelar internship ga akan ambil spesialis. Dia mau kuliah S2 aja, mau jadi dosen nantinya. Lagian Papa Mamanya dia juga dosen, jadi emang udah dari sananya ada darah-darah pengajar gitu lah.

A: "Kamu cocok Shin jadi dosen. Udah kuliah S2 juga. Buat apa ilmunya kalo ga dibagiin coba? Lagian udah lama aku liat kamu perawakannya emang cucok jadi dosen."
S: "......Yak. Aku ga bakat ngajar lho. Ngomong depan orang aja suka gelagepan. Apalagi jaman S1, that was the most stupid stage of my life. Aku literally ngerasa bego pas kuliah S1."
A: "Shiiiin. Kuliah tuh ga cuma ngehasilin nilai akademik, tapi banyak kan hal yang kamu dapet selama kuliah S1? Lagian dosen itu udah paling enak lah. Bisa sharing pengalaman hidup. Banyak pahala. Kalo kamu ngerasa ga bisa ngajar, bohong banget. Kamu tuh grapyak, Shin. Ga pemalu."
Aku diem. Masa sih.....

Mama juga nyaranin jadi dosen. Tapi ngomongnya beda lagi.
"Udah jadi dosen aja. Kamu tetep bisa ngurus suami sama anak di rumah. Lagian cocok lah, kamu kan klemar-klemer, kuliah S2 juga udah mau selesai. Mau ngapain lagi?"
Hahaha. Noted banget, klemar-klemer.

Bentar. Ngajar ini ngga harus akademik sih ya. Apapun yang kita punya dan kita ngerasa itu hal yang layak buat dibagikan ke orang lain, ya bagiin aja. Buat aku, definisi mengajar yang baik adalah ketika kita membagi ilmu atau pengalaman yang kita punya sampe bisa memberikan dampak positif ke orang lain. Misal, ilmunya orang yang kita ajar jadi nambah atau dapet inspirasi gitu. Jadi seorang pengajar emang ga gampang ya. (Well, gaada kerjaan yang gampang sih di dunia ini). Tapi semua tergantung niat dan usaha kita pas ngejalaninnya, kan? Apapun yang bakal terjadi di masa depan, yang penting sekarang aku harus fokus selesaiin kuliah aku. Sekarang lagi tahap nyusun proposal tesis, doakan Desember aku udah lulus sidang tesisnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar