Jumat, 02 Juli 2010

cita-cita, sebuah tujuan masa depan

semua orang punya harapan dan cita-cita kan?
sebenernya aku barusan aja mikir, mau jadi apa aku dewasa nanti. mungkin karena tuntutan di kelas akselerasi, yang mewajibkan siswanya buat membuka pikiran mereka. mencari tahu jati diri mereka, bakat apa yang mereka punya, sehingga mereka bisa mempunyai sebuah tujuan buat masa depan mereka *ndangdut mode: on
awalnya, aku tergila-gila dengan dunia komunikasi. gatau kenapa, asik aja ngeliat mereka yang kerja di balik layar, bidang broadcast, jurnalistik, dan apapun lah itu. ngliat kakakku juga yang kuliah di fakultas komunikasi UK Petra, yang bisa kerja di tv, yang bisa dapet pengalaman buanyak banget. aku ngiler ;___;
tapi entah kenapa, semua itu berubah waktu aku masuk pcpt. berawal dari mamaku -yang entah dapet ilham darimana- ngebolehin aku buat kuliah di PTN. awalnya mamaku gak mau aku kuliah di negeri, pengennya swasta. gatau kenapa. aku ya sebenernya gamau lah masuk swasta, apalagi yang sebangsa UKP dan lain-lain. dan aku sangat bersyukur waktu mama ngasih aku tiga optional kuliah di UNAIR. satu, Fakultas Kedokteran Gigi. dua, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. tiga, Fakultas Ekonomi. aku buingung, asli bingung.
dimulai dari option ketiga. Fakultas Ekonomi UNAIR.
aku dari awal gak suka sama ekonomi, gara-gara pelajaran ekonomi di SMA yang mbulet kayak gitu. option FE UNAIR, coret!
option kedua, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNAIR
awalnya aku mau masuk FISIP, ya itu kan induk semangnya jurusan komunikasi. tapiiiii, semua itu langsung berubah setelah kejadian ini.
malem-malem aku ke rumahnya pak soni, guru lesku waktu kelas 10. aku mau ndaftar les buat kelas 11. aku ditanyain kan, "mau masuk jurusan apa nanti kalo kuliah?" aku jawab, "FISIP pak." pak Soni kaget setengah mati waktu aku bilang gitu, trus beliau bilang, "Lho buat apa kamu sekarang masuk IPA kalo nantinya kamu masuk jurusan sosial? kalo kamu IPA ya lebih baik masuk IPA dong. sekarang indonesia butuh orang-orang eksak. lagipula, kamu sudah punya dasar buat masuk jurusan IPA." aku mlongo ndengerin kata-katanya pak Soni. pikiranku mulai kebuka. malem itu, aku langsung curhat ke mbakku.
mbakku bilang gini, "yaa ada benernya lah pak soni bilang gitu. lagian tak liat-liat, kamu pasti gak kuat kuliah di jurusan sosial. kayak aku nih, bayangin ya, tugas kuliahku itu bikin lima makalah, itu semua bersumber dari berbagai buku filsafat yang setebel gini *mbakku nunjukkin tebelnya*, dan semua itu harus selesai dalam waktu sehari. makanya aku gak pernah tidur. kamu mau ta kayak aku he?" lagi-lagi saya dibuat mlongo. aku mlongo, mlongo, mlongo. dan sejak itu, ilang deh harapanku buat masuk FISIP.
FISIP UNAIR, coret!
option pertama, Fakultas Kedokteran Gigi UNAIR
aku mulai mikir pilihan yang ini. hmm boleh juga. aku mulai penasaran sama fakultas ini sampe sempet googling tentang FKG di PTN di Indonesia. asik juga sih. apalagi ditambah aku mau pasang behel wuuus makin penasaran. pas aku lagi ke dokter gigi, aku ngliatin cara kerjanya. oh gitu ooooh gitu *manggut-manggut* ngliatin alat-alat yang dipake, gimana cara pakenya, dan segala tetek bengeknya. mulai deh ada sinar di otakku. mama papa juga mulai sering ngomongin FKG FKG di depanku. dan sepertinya mereka juga berharap aku nanti bisa jadi dokter gigi.
sampe suatu hari aku iseng bikin tulisan di kertas, tak foto pake webcam *inspired by lentera jiwa. jadinya kayak begini..


trus yang kedua

hmmmm sampe hari ini aku, yaa dibilang mantep sih nggak juga. tapi seenggaknya aku udah punya keyakinan dan aku udah nentuin kemana arah dan tujuanku nanti selepas SMA.
dan selepas SMA itu berarti, TAHUN DEPAN
bismillah, Allahu Akbar!
doakan saya yaaaa, biar sukses dan lancar jalannya buat meraih cita-cita ;) amiiiiiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar